Cara Input Evaluasi Diri Sekolah - EDS (Akreditasi SISPENA)

Cara Input Evaluasi Diri Sekolah - EDS (Akreditasi SISPENA). Sekolah mengklik  Menu Data Isian Akreditasiatau  DIA yang  ada  disamping  kiri  untuk  memulai  proses  penginputan  isian akreditasi.
Awal sebelum Input Evaluasi Diri Sekolah - EDS (Akreditasi SISPENA) adalah sebagai berikut:

Pernyataan Kepala Sekolah
Unggahlah surat pernyataan KS, jika belum memiliki formatnya dapat diunduh didalamnya, di isi lalu diunggah.

Prasyarat Akreditasi
Menampilkan 6 tombol untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF/ DOC (Dokumen). Keenam dokumen dimaksud adalah Surat Ijin Operasional, Daftar Siswa Tiap  Kelas, Data PTK,  Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum, Daftar Lulusan 1 Tahun Terakhir dan Data Sarana Prasarana. Dokumen yang diunggah berukuran maksima 1 MB.

Jika dokumen berhasil dikirim muncul tombol sudah terunggah, jika terdapat kesalahan dapat melakukan perubahan data dengan cara me-replace file.
Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP).

Pada fitur ketiga ini kita mengunduh contoh instrumen pengunpulan data berbentuk doc/ pdf. Setelah diunduh, serahkan ke penanggungjawab pengisian atau ke KS untuk di isi. Setelah selesai selanjutnya upload dokumen IPDIP tersebut, pastikan ukuran maksimalnya 3 Mb, Simpan.

Photo Pendukung
Unggahlah photo terkait sekolah disini dengan format JPG, ada 5 buah photo yang harus diunggah seperti Plang Sekolah, Sarpras, Kegiatan Sekolah dan foto lainnya yang mewakili kondisi sekolah.

Input Evaluasi Diri Sekolah
Bagian yang sangat penting dari aplikasi Sispena adalah pengisian EDS. Pada menu ini terdapat jendela penilaian akreditasi, sistem penilaian ditampilkan butir demi butir dan sesuai 8 standar secara berurutan. Sebelum melakukan pengisian silakan tekan tombol Petunjuk Teknis pada bagian kanan atas untuk memahami tatacara pengisiannya.

Untuk memberikan penilaian langsung pilihan opsi a,b,c,d,e. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Jika sudah, pilih tombol selanjutnya untuk mengisi instrumen lain sampai semua instrumen terisi.

Penilaian bisa dilakukan secara acak dari satu standar ke standar lainnya. Data penilaian akan tersimpan secara otomatis jika admin keluar dari sistem guna mengantisipasi terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian 

Proses penilaian EDS dianggap selesai saat semua butir telah dinilai, ditandai munculnya tombol Simpan dibagian paling bawah. Apabila sudah yakin dengan penilaiannya, pilih tombol Simpan lalu bisa langsung melihat hasil penilaiannya dengan memilih tombol Lihat Hasil Penilaian.

Pada jendela Hasil Penilaian akan muncul Nilai Setiap Standar, Nilai akhir dan Peringkat. Jika terdapat warna merah artinya nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, dengan kata lain tidak lulus akreditasi. Karenanya jika terdapat nilai merah admin sekolah dapat merubah data evaluasi diri sekolah dengan menekan tombol menu Edit EDS. Untuk merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai pertama kali.

Kartu Kendali
Langkah terakhir ini sangat Penting….!!. Sekolah  harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan. Perlu di ingat bahwa kartu ini hanya sekali dan tak bisa di rubah, jadi pastikan data sudah benar-benar sesuai. 

Selanjutnya cetak kartu pada tombol Print, lalu lembar isian sesuai dengan format lalu di tanda tangani oleh kepala sekolah. Scan kartu lalu kirim dengan menglik upload lalu pilih filenya.

Demikian Informasi Terkait Cara Input Evaluasi Diri Sekolah - EDS (Akreditasi SISPENA), Semoga Bermanfaat.
Konten Terkait

0 Response to "Cara Input Evaluasi Diri Sekolah - EDS (Akreditasi SISPENA)"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan di atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel